Profil & Informasi irigasi Provinsi Banten

  

Berita Seputar Irigasi Nasional

Petani di Polewali Sewa Pompa Untuk Sedot Air Sungai demi Atasi Kemarau

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Para petani di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa menyedot air sungai untuk mengairi berhektar-hektar lahan pertanian di kelompoknya. Hal ini dilakukan karena musim kemarau yang membuat mereka menganggur selama beberapa bulan. Untuk menyedot air sungai, mereka terpaksa harus membayar Rp 800.000 perhari demi menyewa alat pompa. Ini dilakukan warga agar usaha pertanian yang menjadi tumpuan mata pencaharin mereka tetap berkelanjutan meski musim kemarau melanda.

8 Bendungan Ditargetkan Selesai Akhir 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang membangun delapan bendungan di berbagai daerah di Indonesia. Kedelapan bendungan tersebut yaitu Bendungan Rotiklot di Nusa Tenggara Timur (NTT), Tanju dan Mila di Nusa Tenggara Barat (NTB), Gondang dan Logung di Jawa Tengah, Sei Gong di Batam, Sindang Heula di Banten, serta Paselloreng di Sulawesi Selatan. Seluruh proyek bendungan itu ditargetkan rampung pada akhir 2018. Salah satu yang menjadi prioritas adalah Bendungan Gondang, Kabupaten Karanganyar.

Tiga Proyek Strategis Irigasi Rampung Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA — Pembangunan tiga proyek strategis nasional jaringan irigasi ditargetkan dapat rampung pada tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa tiga daerah irigasi tersebut yakni Jambo Aye Kanan di Aceh, Lematang di Sumatra Selatan, dan Leuwigoong di Jawa Barat.

 

Kementerian PUPR, tuturnya, telah membangun banyak bendungan di berbagai daerah dan selanjutnya akan diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

 

Menteri Basuki: Bendungan Karian Banten Tak Kena Dampak Gempa

Gempa di Banten beberapa waktu lalu tidak berdampak pada pembangunan Bendungan Karian, Banten. Gempa beberapa waktu kemarin getarannya terasa hingga Jakarta. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR telah melakukan pemantauan pada Bendungan Karian. "Bendungan Karian di Banten, kemarin gempa kita sudah cek ini tidak ada dampak negatifnya. Ini merupakan bendungan terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jatiluhur 3 miliar m3 kapasitasnya, dan Jatigede 1 miliar m3.

Sembilan Bendungan Bakal Rampung Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan akan merampungkan sembilan bendungan pada tahun 2018. Pembangunan kesembilan bendungan itu telah dimulai sejak 2015 lalu.


Kesembilan bendungan itu yakni Bendungan Rotiklot di NTT, Bendungan Tanju, Mila, dan Bintang Bano di NTB, serta Bendungan Gondang dan Logung di Jawa Tengah.


9 Bendungan Jokowi Rampung Tahun Ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, sembilan  bendungan yang dimulai pembangunannya tahun 2015 akan rampung pada 2018. Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menargetkan pembangunan 65 bendungan yang terdiri dari 16 bendungan lanjutan dan 49 bendungan baru.


Peran Penting Kontrak Konstruksi dan Penanganan Hukum Dalam Pembangunan Infrastruktur SDA

Perjanjian atau kontrak konstruksi dan jasa konsultasi memegang peranan penting dalam pelaksanaan tugas pembangunan bidang sumber daya air. Hal ini dilakukan untuk dapat menghasilkan infrastruktur bidang sumber daya air yang handal. Sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan para pengguna sumber daya air. 

Penuhi Target Ketahanan Pangan, Ditjen SDA Dukung Program Nawacita

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki sejumlah program untuk memenuhi target ketahanan pangan sebagai program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Jenderal SDA Imam Santoso saat wawancara santai bersama salah satu media cetak mengenai dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di bidang SDA selama tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi.

Kementerian PUPR Tingkatkan Terus Layanan Irigasi Perdesaan

Jakarta – Untuk mendukung ketahanan pangan,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Sumberdaya Air berupaya memenuhi kebutuhan penyediaan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil dibawah 150 hektar, irigasi tersier dan irigasi desa yang dilakukan melalui program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dengan cara Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) atau Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).