Profil & Informasi irigasi Provinsi Banten

  

Tiga Proyek Strategis Irigasi Rampung Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA — Pembangunan tiga proyek strategis nasional jaringan irigasi ditargetkan dapat rampung pada tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa tiga daerah irigasi tersebut yakni Jambo Aye Kanan di Aceh, Lematang di Sumatra Selatan, dan Leuwigoong di Jawa Barat.

 

Kementerian PUPR, tuturnya, telah membangun banyak bendungan di berbagai daerah dan selanjutnya akan diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

 

“Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberi manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (16/5/2018).

 

Pembangunan jaringan irigasi Jambo Aye Kanan berupa saluran primer sepanjang 42 kilometer dan saluran sekunder 10 kilometer yang akan mengairi area seluas 3.028 hektare. Progresnya sudah sekitar 44% dengan biaya pembangunan sebesar Rp385,50 miliar.

 

Sementara itu, pembangunan jaringan irigasi Lematang berupa saluran primer sepanjang 10,20 kilometer dan saluran sekunder 30,57 kilometer yang akan mengairi area seluas 3.000 hektare. Saat ini progresnya sudah sekitar 62% dengan biaya pembangunan Rp273 miliar.

 

Pembangunan jaringan irigasi Leuwigoong berupa saluran irigasi primer sepanjang 86 kilometer yang mengairi area potensial seluas 5.313 hektare. Progresnya saat ini sekitar 68% dengan anggaran Rp952 miliar.

 

Dari 150 proyek strategis nasional yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, sebanyak tujuh di antaranya merupakan jaringan irigasi dan bendung.