Profil & Informasi irigasi Provinsi Banten

  

Irigasi di Balai Ciujung-Cidanau Terus Diperbaiki

Banten (WB)-Balai Ciujung-Cidanau dengan kepala Seksi (kasi) Operasional (OP) ini terus berusaha melaksanakan beberapa pemeliharaan di beberapa saluran irigasi yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Hal ini merupakan kewajiban yang sudah harus dilaksanakan kegiatannya. Pasalnya, setiap saluran irigasi harus dipelihara agar saluran yang ada tetap terawat.

Setiap tahunnya, kegiatan pemeliharaan saluran irigasi sudah dianggarkan. Pemeliharaan yang dilakukan hanya pemeliharaan rutin saja seperti pembabatan rumput, pengangkatan lumpur juga sampah yang ada di saluran tersebut.

“Jika memang anggaran sudah ada maka kami harus melaksanakan kegiatan tersebut apa lagi reka-rekan media memberikan informasi bahwa saluran yang kami tangani ada keruskan dan angarannya ada maka kami agar segera melaksanakan perbaikan,” tegas Yayan, Kasi OP Balai Ciujung-Cidanau.

Kegiatan yang saat ini dilaksanakan hanya pemeliharaan, ada yang dilaksanakan dengan menggunakan APBD, ada pula pemeliharaan yang didanai oleh APBN.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa saluran irigasi di Kelurahan Kilasah baru tahun 2017 dapat ditangani karena ada anggaran untuk perbaikan saluran tersebut. “Bahkan kami sudah mengusulkan perbaikan selanjutnya agar saluran yang belum diperbaiki dapat secepatnya diperbaiki. Ada beberapa saluran irigasi lumpurnya sudah tidak bisa dilakukan pemeliharaan karena ini harus dilakukan peningkatan itupun sudah diajukan mudah-mudahan bisa terealisasikan,” ucapnya.

Pantauan WARTA BANTEN, saluran irigasi yang sudah menjadi kewenangan APBN yang ditangani oleh Balai Ciujung-Cidanau banyak yang mengalami kerusakan cukup parah, sebab selama ini pemeliharaan yang dilakukan hanya pembabatan rumput, pengangkatan lumpur juga sampah. Sedangkan untuk pemasangan dinding saluran yang mengalami kerusakan baru tahun ini diperbaiki.

Selengkapnya

Sumber : Wartabanten.id.